Jumat, 06 Juni 2014

Menjadi Team work yg solid & Leader yang dapat di andalkan


Melanjutkan blog sebelumnya , untuk menjadi team work yang solid dan leader yang dapat diandalkan, memerlukan beberapa hal yang perlu di lakukan antara lain:

 1. memiliki kemampuan untuk memimpin dirinya sendiri dengan baik. 

bisa dimulai dengan cara mendisiplinkan diri sendiri (misalnya dengan datang tepat waktu), belajar merencanakan, memiliki self motivated, dapat mengatur prioritas, & memiliki kemampuan untuk dapat menerima kritikan.
Seperti yang dikatakan John Maxwell:   Kalo saya tidak bisa memimpin diri saya sendiri:
  • - Orang lain tidak akan mengikuti saya
  • - Orang lain tidak akan menghargai saya
  • - Orang lain tidak akan bermitra dengan saya.

2. Perbesar kapasitas diri anda

Perbesar kapasitas diri adalah bertumbuh dan mengubah mind –set kita. Untuk bertumbuh harus di perlukan keinginan untuk terus belajar (belajar manajemen diri, belajar hal-hal baru, belajar merencanakan), mengatur skala prioritas. Mengubah mind set adalah dengan melihat tanggung jawab baru itu sebagai sesuatu kesempatan untuk kita belajar hal baru, untuk berkembang lebih lagi dan bukan merupakan beban
Ilustrasinya :
1. Lingkaran  ini adalah kita dengan kemampuan kita
Pekerjaan rutin
2.  saat adanya tambahan tanggung  jawab baru, jika kita menerimanya sebagai tambahan pekerjaan, maka  tanggung jawab ini akan di anggap sebagai beban.
beban
3. Jika kita memperbesar kapasitas kita maka tanggung jawab baru akan  menjadi seperti ini
Pekerjaan baru
4 . disaat kita memperbesar kapasitas, maka tanggung jawab baru ini akan dengan mudah dilakukan karena, kita sudah memiliki kemampuan dan keahlian untuk melakukannya. Tanggung jawab baru ini akan menjadi satu dengan pekerjaan rutin tanpa menjadi suatu beban karena kita sudah memperbesar kapasitas diri kita.

3. Memiliki sikap yang tidak mudah menyerah

sikap yang harus dimiliki untuk hal ini adalah  :
  • Tetap menghasilkan walaupun banyak tekanan
  • Tetap menghasilkan walaupun bebannya berat
  • Tetap menghasilkan walaupun tidak ada pemimpin
  • Tetap menghasilkan walaupun waktu terbatas

4. Menjadi Problem solver

Hidup itu selalu penuh masalah, jika kita memandang masalah/ kesulitan  sebagai hal yang di takuti maka dengan pasti kita tidak akan mampu berkembang .
menjadi problem solver adalah suatu kemampuan untuk memberikan solusi dalam pemecahan masalah. Menjadi problem solver harus memiliki sikap yang tidak mudah menyerah karena dengan sikap tidak menyerah baru kita mampu mencari solusi saat adanya masalah.
Dengan menjadi problem solver sebenarnya merupakan kesempatan bagi kita untuk belajar lebih banyak hal dan mengerti banyak hal, juga kesempatan untuk menambah pengalaman. jadi jangan menganggap masalah itu sebagai hal yang di takuti, tetapi merupakan tantangan untuk belajar lebih banyak.
Ke 10 hal ini jika dilakukan dengan tanpa berhenti , dengan berkesinambungan, maka kita akan mengalami pertumbuhan dalam organisasi. Bukan saja dalam pekerjaan , jika hal ini dilakukan juga dalam kehidupan sehari-hari, bisa dipastikan kita juga akan mengalami pertumbuhan  karakter
Resources:
  • Leadership traning di Gereja Mawar Sharon  My Home- Medan
  • NDStrupler
  • Stephen Convey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar